5 Tips Menjaga Kemanan Diri
Tips

5 Tips Menjaga Keamanan Diri

Posted On September 30, 2016 at 12:41 pm by / No Comments

5 Tips Menjaga Kemanan Diri
5 Tips Menjaga Kemanan Diri

Berita kejahatan yang menimpa seorang wanita sering kita jumpai. Dari pencopetan, perampokan, pelecehan seksual hingga pemerkosaan dan pembunuhan.

Maka menjadi penting bagi kita, dalam rangka berupaya menjaga keamanan diri dengan memperhatikan beberapa tips jaga keamanan diri sebagai berikut. 5 tips kemanan diri ini kami ambil dari akun FB Divisi Humas Polri dengan keterangan pointnya dari kami sendiri.

Hindari Bepergian Sendirian Tengah Malam

Menghindari bepergian sendirian di tengah malam ini berlaku untuk pria maupun wanita. Karena tengah malam adalah waktu yang rawan terjadi tindakan kriminal. Dimana di awaktu malam ini sudah minim aktifitas dan suasana relatif sepi. Sehingga orang-orang jahat akan merasa lebih leluasa melakukan tindak kejahatan di waktu ini.

Begitu juga bagi seorang wanita muslimah. Dimana hukum asal seorang muslimah ini adalah di dalam rumahnya. Dan kalaupun diperbolehkan keluar rumah, maka hanyalah berdasarkan hajat dan kebutuhan saja. Maka jika tidak ada hajat dan kebutuhan yang mendesak hendaknya seorang muslimah mengurangi pergi keluar rumah, apalagi bepergiannya di dalam hari dan sendiri. Ada baiknya anda tunda hingga hari telah terang.

Dan seandainya kebutuhan untuk keluar ini sangat mendesak hendaknya keluarnya seorang muslimah ini ditemani oleh mahromnya seperti suami, ayah, saudara laki-laki dan selainnya.

Terlebih lagi ketika seorang muslimah akan melakukan safar. Maka hendaknya ia melakukan safarnya di temani oleh mahrom. Karena tidak aman baginya melakukan safar sendiri tidak disertai mahrom. Banyak fitnah dan ujian yang mungkin ada ketika ia safar tanpa mahrom.

Dan ini adalah ketentuan syariat yang agung. Siapa yang mau mentaati syariat Agama, memperhatikannya dan mengamalkannya, maka kemaslahatan yang besar yang akan ia dapat. Jika ia meninggalkannya maka bencana lah yang sedang mengintainya.

Tidak Mengenakan Perhiasan Berlebihan

Diantara tips jaga kemanan diri yang disampaikan oleh Divisi Humas Polri yaitu tidak mengenakan perhiasan yang berlebihan.

Dan ini sangat rasional masuk akal. Apalagi jika yang mengenakan perhiasan itu adalah perempuan. Maka resiko tindak kehatan terhadap dirinya lebih tinggi.

Perhiasan bagi seorang muslimah disini mungkin bisa di bagi menjadi dua jenis perhiasan. Yang pertama maksutnya adalah perhiasan seperti emas, perak berupa kalung gelang atau selainnya. Yang kedua perhiasan yang mencakup berhiasnya seorang muslimah dengan pakaian yang mencolok dan membuatnya menjadi pusat pandangan.

Jika perhiasannya berupa emas seperti cincin, kalung gelang dan sejenisnya, maka risiko tinggi bagi yang memakainya adalah kejahatan perampokan, pencopetan, atau perempasan hartanya.

Sedangkan jika perhiasan yang berlebihan berkaitan dengan penampilan yang maksimal, cantik dan seksi, yang menjadikannya sebagai pusat pandangan. Maka risiko kejahatan menjadi berlipat. Risiki pelecehan seksual, kekerasan seksual, pemerkosaan yang di sertai pembunuhn bisa mengancamnya.

Oleh karena di dalam Islam ada ketentuan yang ketat bagi busana muslimah ketika akan keluar rumah. Islam melarang muslimah untuk bertabarruj, berhias, tampil maksimal dengan full hiasan ketika diluar rumah. Karena memang perbuatan ini dapat menimbulkan berbagai macam fitnah yang mungkin terjadi. Baik fitnah untuk dirinya sendiri, bahkan fitnah bagi orang lain.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasannya diantara fitnah terbesar bagi seorang pria adalah fitnah wanita. Maka janganlah anda memperparah fitnah ini dengan anda bertabarruj, berhias berlebihan ketika keluar rumah.

Mari kita perhaitikan kembali adab-adab dalam berbusana muslim bagi seorang muslimah. Jangan sampai hanya karena mementingkan mode dan tren kita terancam bahaya yang sangat besar, musibah yang besar.

Membawa Uang Secukupnya

Diantara sebab terjadinya sebuah tindak kejahatan, pencopetan, perampasan, perampokan adalah karena adanya barang yang membuat orang jahat tertarik padanya.

Salah satu barang yang menarik orang untuk melakukan tindak kehajatan adalan uang. Begitu banyak kejadian tindak perampasan, pencopetan, bahkan perampokan dilakukan kepada orang yang membawa uang banyak.

Ketika seusai tarik uang di bank sudah diintai orang. Ketika sedang di pusat perbelanjaan sudah diintai dari sebelumnya. Ketika akan transaksi dengan seseorang di luar sudah diintai sebelumnya.

Maka ada baiknya ketika anda ada kebutuhan terhadap uang sebagai pembayaran baiknya adan tidak membawa uang cash. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran. Seperti transfer dan selainnya.

Oleh karena itu, ketika kita akan keluar rumah untuk sebuah kegitan baiknya kita bawa uang secukupnya saja. Jangan berlebihan apalagi menampakkan kita memiliki banyak uang.

Pilih Jalan Yang Berpenerangan Atau Ada Kelompok Orang

Pada point ini sudah cukup mudah dipahami. Dimana dilokasi yang tidak memiliki penerangan maksimal atau ditempat sepi, maka bahaya ancaman kejahatan sering terjadi. Maka untuk menjaga keamanan diri hendaknya kita hindari jalan gelap dan jalan sepi. Apalagi jalan yang memang sudah dikenal rawan terjadi tindak kejahatan.

Memakai Pakaian Yang Wajar

Tips yang ke 5 dan yang terhir yaitu hendaknya seorang wanita ketika keluar rumah memakai pakaian yang wajar yaitu pakaian yang syar’i yang menutupi auratnya dengan baik.

Betapa banyak awal sebuah kejahatan kepada wanita itu karena ketertarikan seseorang laki-laki yang melihat kemolekan tubuh yang dipamerkan wanita tersebut.

Seandainya indahnya tubuh seorang wanita itu di tutupi dan hanya diberikan kepada suaminya, maka tentu ia adalah lebih baik baginya dan lebih aman.

Maka dari sini kita dapati syariat Agama ini syariat yang diterima oleh semua akal manusia. Karena maslahat mengikuti syariat itu jauh lebih besar daripada mudhorot yang mungkin timbul.

Oleh karena itu, jika kita seorang muslim seorang muslimah, marilah kita jadikan syariat Islam ini sebagai pegangan hidup kita, batasan kita dan ukuran kita dalam bertindak. Mudah-mudahan Allah selalu berikan taufiq dan hidayah-Nya kepada kita semua. Amiin.

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Toko FB RUMAH BELANJA MUSLIM SHOP

Admin
www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *