Baju Sholat Pria
Gamis Pria

Baju Sholat Pria

Posted On September 9, 2016 at 2:57 am by / No Comments

Baju Sholat Pria
Baju Sholat Pria

Sholat merupakan salah satu ibadah yang sangat agung bagi setiap muslim. Sholat ini juga merupakan rukun ke dua dalam rukun Islam. Artinya bagi siapa saja pria maupun wanita yang telah bersyahadat menyatakan kalimat tauhid hendaknya ia kerjakan sholat.

Perhatian Baju Sholat Pria

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam ibadah sholat ini. Salah satu perkara yang penting perlu diperhatikan ketika sholat diantaranya adalah masalah baju sholat pria. Dimana permasalahan baju sholat bagi pria ini banyak di sepelekan oleh kebanyakan saudara kita.

Oleh karenanya, sering kita dapati di masjid-masjid seorang pria yang sholat dengan mamakai baju seperti kaos. Terkadang ukurannya kaos sebagai baju dalam hsolatnyapun kurang pantas dipakai ketika tidak sedang sholat. Entah karena ukurannya yang terlampu kecil, gambar yang tidak layak pada kaosnya, gambar salib, gambar perempuan, atau menampakkan sebagian tubuh yang harus ditutup.

Padahal kita ketahui terbukanya aurat ini dapat menjadi salah satu penyebab batalnya sholat. Jika yang terbuka itu aurat kecil yang tidak di sengaja, ini mungkin masih bisa di maafkan dan tidak membatalkan sholat. Namun jika yang terbuka / terlihat adalah aurat besar yang sengaja / tidak diperhatikan penutupannya, tentu ini lebih membahayakan sholatnya.

Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin dalam menanggapi beberapa kesalahan yang dilakukan sebagian kaum muslimin di dalam sholat, beliau berkata, “Banyak di antara manunsia tidak lagi mengenakan pakaian yang luas dan lapang, mereka hanya mengenakan celana panjang dan kemeja pendek yang menutupi dada dan punggung. Bila mereka ruku’, kemeja tertarik hingga tampak sebagian punggung dan ekornya yang merupakan aurat dan dilihat oleh orang yang ada di belakangnya. Padahal terbukanya aurat merupakan sebab batalnya sholat. ( Majalah Al Mujtama’ no. 855, link)

Maka hendaknya setiap muslim memperhatikan baju sholatnya. Jangan sampai karena hal yang terlihat sepele ini membuat sholatnya batal.

Pilihan Baju Sholat Pria

Karena pentingnya permasalahan baju sholat pria ini, maka hendaknya setiap kita lebih memperhatikan lagi baju kita saat akan sholat. Pilihlan baju sholat yang layak yang menutupi dengan baik aurat kita.

Baju sholat yang menutupi minimalnya adalah baju yang longgar (tidak ketat), panjang, dan tidak tipis dan tidak trnasapran.

Apalagi jika ketika sholat kita memakai celana tanpa dilapisi sarung / sejenisnya. Hendaknya kita perhatikan baju atasan kita ketika sholat. Apakah dengan memakai baju tersebut ketika rukuk / sujud aurat kita dapat terbuka atau tidak. Jika seandainya dapat terbuka maka perbikilah model baju kita. Pilihlah baju-baju dengan model yang panjang yang lebih menutupi tubuh.

Model baju Sholat pria

Salah satu model pakaian yang dapat dijadikan pilihan sebagai baju sholat bagi pria yang nyaman dipakai dan lebih menutup aurat yaitu baju gamis pria.

Baju muslim dengan model gamis ini cocok dipakai baik ketika sholat maupun diluar sholat. Ketika dipakai sholat lebih menutupi dan lebih aman dari tersingkapnya aurat karena baju gamisnya yang panjang. sedangkan ketika dipakai diluar sholat tetap cocok karena modelnya yang terlihat simpel elegan dan islami.

Gamis pria ini cocok dipasangkan dengan celana sirwal yang longgar dan juga dengan sarung. Dipasangkan dengan celana sirwal yang longgar tetap menutupi karena panjang bajunya yang bisa sampai lutut, dipasangkan dengan sarung ketika sholat akan lebih aman dan terjaga. Insyaa Allah.

Wallahu a’lam.

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Toko FB RUMAH BELANJA MUSLIM
Twitter @whyluth
Telegram @RumahBelanjaMuslim

Admin
www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *