Bentuk Berbakti Kepada Orang Tua

Berbakti Kepada Orang Tua
Berbakti Kepada Orang Tua

Diantara bentuk berbakti kepada orang tua, yaitu sebagaimana dalam kisah tiga orang yang terjebak di dalam gua. Salah satu diantara mereka berdoa dan bertawasul dengana amalan sholehnya berbakti kepada orang tua.

Secara ringkas orang tersebut biasa mendahulukan memberikan minum susu untuk kedua orang tuanya sebelum memberinya kepada keluarga, anak – anak serta budaknya.

Hingga suatu waktu ia terlambat pulang dari mencari kayu, sehingga ia dapati kedua orang tuanya sedang tertidur lelap. Namun ia tetap memerah susu untuk kedua orang tuanya tersebut, dan enggan membangunkan kedua orang tuanya tersebut. Dan ia pun tidak suka memberikan susu tersebut kepada keluarganya dan budaknya sebelum memberikan kepada kedua orang tuanya.

Sehingga iapun menunggu hingga fajar barulah keduanya bangun, sementara anak – anaknya menangis dalam keadaan mengelilingi kakinya. Setelah kedua orang tuanya bangun, maka ia berikan minum susu tersebut kepada keduanya.

Inilah kisah singkat yang merupakan salah satu bentuk amal sholeh berbakti kepada orang tua. Bentuk baktinya yaitu pada mendahulukan orang tuanya daripada keluarga bahkan anak – anaknya.

Dan dengan sebab amal sholeh ini maka bergeserlah sedikit batu di goa yang mereka sedang terjebak di dalamnya. Artinya doa yang bersangkutan di ijabah Allah ta’ala.

Pertanyaanya adalah, lalu bagaimana dengan kita sekarang ? Sudahkan kita dapat mengimplementasikan bakti kita kepada orang tua kita ? Sebagaimana seorang anak yang dapat mendahulukan orang tuanya dari keluarganya sebagai mana kisah tersebut ?

Semoga Allah memudahkan kita semua untuk dapat berbakti kepada kedua orang tua kita. Aamiiin.

This entry was posted in Kisah.

Tinggalkan Balasan