Laknat Pelaku RIba
Bisnis

Bisnis Tanpa Pinjaman Riba Bank Mungkinkah?

Posted On Agustus 18, 2016 at 1:50 am by / 2 Comments

Laknat Pelaku RIba
Laknat Pelaku RIba

Ketika membicarakan permasalahan riba, kami dapati salah satu statement yang cukup menarik. Ada yang mengatakan bahwasannya berbisnis tanpa meminjam uang dari bank tidak juga gak maju. Dalam statemen ini seolah-olah ingin dikatakan bahwasannya salah satu tolok ukur utama kemajuan sebuah bisnis adalah pinjaman uang riba dari bank.

Benarkah pernyataan seperti ini? Karena ternyata tidak hanya satu atau dua orang saja yang memiliki anggapan ini. Bahkan mungkin banyak orang pelaku bisnis, padagang di luar sana yang memiliki anggapan seperti ini.

Mari kita lihat kebelakang. Sebelum adanya kemudahan pinjaman riba di perbankan seperti hari ini, apakah di zaman dahulu tidak ada pengusaha yang maju? Coba kita lihat para sahabat yang sukses manjadi pedagang, apakah kira-kira kesuksesannya di karenakan mengambil riba? Tentu tidak.

Kita lihat berbagai macam contoh kejadian yang telah terjadi menimpa para pengusaha yang mungkin maju awalnya dengan mengambil riba dari bank, namun ternyata banyak di akhirnya bangkrut, terlilit hutang, dan lain sebagainya yang membuatnya bangkrut bahkan sampai gulung tikar.

Apakah anda mampu menentang dan menabuh perang dengan Allah dengan mensuburkan riba dalam usaha anda? Allah ta’ala berfirman,

فَإِن لَّمْ تَفْعَلُواْ فَأْذَنُواْ بِحَرْبٍ مِّنَ اللّهِ وَرَسُولِهِ وَإِن تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُؤُوسُ أَمْوَالِكُمْ لاَ تَظْلِمُونَ وَلاَ تُظْلَمُونَ

Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya. (QS. Al-Baqarah 279)

Sungguh tidak akan ada yang mampu hidup di dunia ini kecuali atas kasih sayang Allah, rizki dari Allah. Lalu mungkinkah seorang itu bisa maju jika menentang Allah dengan melaksanakan yang di larang-Nya? Tentu ini adalah hal yang mengherankan. Lebih mengherankan lagi kalau seorang muslim yang mengatakan bisnis tidak bisa maju kecuali dengan pinjaman Riba.

Yang jadi pertanyaannya adalah apakah bisnis itu bisa maju hanya karena adanya pinjaman riba dari bank? Apakah pinjaman riba ini faktor utama penentu kemajuan sebuah bisnis?

Tentu jika kita sedikit kreatif dan mau berfikir lebih jauh lagi, jawaban pertanyaan tersebut adalah tidak.

Bukankah yang Allah halalkan itu lebih banyak daripada yang Allah haramkan? Lalu mengapa kita tidak mau mencari apa yang halal yang lebih banyak dan menjauhi apa yang haram yang hanya sedikit saja.

Benar jika ingin memajukan bisnis tentu dibutuhkan modal tambahan untuk mengelolanya. Namun sebagai pengusaha apalagi pengusaha muslim tentu fikiran kita harus lebih jeli dan lebih berfikir jauh kedepan. Bukankah banyak cara yang bisa di kerjakan untuk mendapatkan modal keuangan tanpa harus meminjam dengan riba?

Oleh karena itu, mungkin penting bagi kita untuk mengetahui beberapa solusi bagaimana mencari modal untuk memulai usaha atau mengembangkan usaha dengan cara tanpa pinjaman riba, dengan cara yang halal saja. Nah sebagai solusinya berikut ini kami sebutkan beberapa cara yang bisa di tempuh untuk menambah modal tanpa menggunakan riba,

  • Dengan cara at tawarruq
  • Kerja sama Investasi dengan akad Bagi hasil
  • Menjual aset / harta
  • Menggunakan akad salam
  • Akad istishna
  • Dll

Insyaa Allah bersambung dengan penjelasan masing-masing point.

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Toko FB RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH
www.RumahBelanjaMuslim.Com

2 thoughts on “Bisnis Tanpa Pinjaman Riba Bank Mungkinkah?

  1. Pengusaha dengan hutang riba itu sama saja membakar dirinya ke dalam api neraka. Kebahagiaannya hanyalah kebohongan. Mereka terlihat memiliki asset, tetapi asset mereka dipegang di tempat dimana dia berhutang, artinya itu bukanlah asset.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *