Busana Syar'i
Busana Muslimah Syar'i

Catatan Untuk Muslimah Berbusana Syar’i

Posted On September 4, 2016 at 5:53 am by / No Comments

Busana Syar'i
Busana Syar’i

Ber busana syari bagi muslimah merupakan sebuah kewajiban. Namun ada hal yang penting lainnya yang harus diperhatikan seorang muslimah ketika sudah memaki busana ini. Diantara catatan penting itu dapat kami tuangkan dalam beberapa point dibawah ini.

Niat

Niat adalah perkara yang terlihat sepele, namun ini mejadi hal utama yang sangat penting. Dalam setiap aktifitas, niat ini adalah penentu sebuah amalan dapat bernilai pahala atau tidak.

Ketika sebuah aktifitas, amalan diniatkan sebagai salah satu bentuk ibadah ketaatan kepada Allah, maka insyaa Allah ini dapat membuahkan pahala. Namun ketika sebuah aktifitas tidak diniatkan ibadah, dan hanya sekedar mengikuti adat / kebiasaan saja maka ini tidak bernilai apa-apa.

Begitu juga saat memakai busana syar’i. Ketika kita memakainya dengan niat ibadah taat kepada Allah, maka insyaa Allah hal ini dapat memberatkan timbangan amal kita di akhirat kelak. Namun ketika kita memakai busana syar’i hanya karena mengikuti tren, mengikuti adat dan kebiasaan yang ada, maka tentu ini tidaklah bernilai ketaatan.

Tujuan

Tujuan berbusana syar’i ini menjadi penting bagi seorang muslimah yang mengamalkannya. Karena dengan tujuan yang benar, maka menjadi benar pula apa saja yang ia lakukan.

Ketika seseorang telah bagus memakai busana yang syar’i menutupi auratnya namun ternyata tujuannya bukan karena taat kepada Allah. Dan mungkin ada yang bertujuan keridhoan manusia, mengejar orang yang ia cintai dan lain sebagainya. Maka tentu ia tidak akan mendapat apa-apa di akhirat kelak, kecuali secuil dari kenikmatan dunia atas apa yang ia harapkan (dan ini juga belum tentu bisa ia dapatkan) kecuali atas apa yang Allah kehendaki.

Akhlak

Akhlak muslimah yang telah berbusana syar’i ini adalah point yang sangat penting yang harus menjadi perhatian kita semua.

Betapa banyak orang yang bereaksi negatif terhadap muslimah yang berbusana syar’i menutupi seluruh tubuhanya bahkan memakai cadar, hanya dikarenakan akhlak yang kurang baik dari individu tersebut.

Betapa banyak orang yang berfikir negatif terhadap wanita bercadar hanya karena kekurang ramahan wanita tersebut.

Bahkan terkadang kita dapati anggapan dari masyarakat awam mengenai wanita berjilbab besar, bercadar itu mereka merasa paling benar sendiri, paling layak untuk masuk surga.

Berbagai macam anggapan miring ini tidak lain karena disebabkan akhlak yang kurang baik dari pada muslimah yang sudah berbusana syar’i.

Maka mari kita tinjau kembali akhlak kita. Bagaimana kita berhubungan dengan muslimah yang masih awam. Jangan sampai dengan sikap kita yang kurang ramah, kurang bersahabat kepada mereka membuat mereka lari dari dakwah. Hingga muncul anggapan – anggapan miring mengenai syariat Islam.

Jangan buat hubungan sosial kita menjadi ekslusif terbatas hanya pada kelompok sendiri. Perhatikan juga kaum muslimah disekitar kita. Pergauli mereka dengan akhlak yang baik, tutur kata yang lembut, mudah-mudahan Allah luluhkan hati mereka sehingga mereka mengenal dakwah yang haq ini.

Bukankah dakwah kepada manusia itu tidak hanya bisa dilakukan diatas mimbar, diatas podium, ceramah, dan sejenisnya? Bahkan dakwah ini bisa dikerjakan oleh siapa saja dengan akhlak dan pergaulan yang baik kepada sesama muslim.

Batas – Batas Larangan

Penting juga menjadi catatan bagi muslimah yang telah berbusana syar’i adalah batasan-batasan larangan Allah. Karena terkadang ketika kita sudah mengenal dan mengenakan busana yang syar’i. Dalam perjalanannya ada saja bisikan-bisikan untuk meperindah busana dengan mengikuti berbagai macam tren yang sedang berlaku.

Sehingga saat kita tidak mengerti bagaimana batas dari larangan Allah dalam berbusana, maka kita akan terjerumus di dalamnya.

Untuk mengetahui batasan-batasan Allah ini, tidak akan dapat ditempuh kecuali dengan memperhatikan catatan berikutnya dalam tulisan ini, yaitu menutup ilmu syar’i.

Menuntut Ilmu

Setelah memakai busana syar’i yang penting perlu diperhatikan muslimah selanjutnya adalah menuntut Ilmu Syar’i. Hal ini menjadi penting karena menutut ilmu ini adalah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah.

Bukan memperbaharui model gamis, mengamati tren, atau mengikuti kebiasaan artis. Namun menutut ilmu ini adalah perkara yang harus di kerjakan seorang muslimah yang sudah berbusana syar’i.

Dengan ilmu agama yang benar ini, seorang muslimah akan terhindar dari berbagai macam syubhat dan syahwat. Dengan ilmu syari ini seorang muslimah akan mengetahui mana yang lebih penting dari perkara-perkara penting lainnya. Seorang muslimah akan mengetahui batas-batas Allah, mana yang halal, dan mana yang haram.

Dan dengan Ilmu syar’i ini seorang muslimah akan dapat beribadah dengan benar sesuai apa yang telah di syariatkan dalam Islam. Karena setiap ibadah itu haruslah di mulai dengan ilmu dahulu. Sehingga kita benar-benar mengetahui bahwasannya sebuah perkara ini adalah bagian dari Islam yang dapat bernilai amal sholih. Wallahu a’lam.

Gabung Channel Telegram kami Rumah Belanja Muslim
Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM

Admin
www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *