Dampak Negatif Membuka Aurat
Renungan

Dampak Negatif Membuka Aurat

Posted On November 27, 2016 at 12:58 pm by / No Comments

Membuka Aurat Adalah Perbuatan Tercela

Membuka aurat merupakan sebuah perbuatan yang tercela bagi siapa saja, baik laki-laki maupun wanita dewasa.

Di dalam agama sudah jelas pelarangannya. Baik laki-laki atau wanita di larang keras melakukan perbuatan buka-bukaan aurat. Termasuk di dalamnya perbuatan tabarruj / mejeng / bersolek bagi wanita. Banyak ayat-ayat di dalam Al-Qur’an dan Hadits yang menjelaskan pelarangan perbuatan ini.

Bahkan dari jika kita melihat kebiasaan adat budaya ketimuran di negeri kita saat ini. Maka kita akan mendapati perbuatan membuka aurat bagi wanita maupun pria merupakan sebuah perbuatan yang tidak layak dilakukan. Perbuatan membuka aurat ini dianggap sebagai perbuatan yang tidak lazim dan tercela.

Berbeda dengan adat kebarat-baratan, yang mereka biasa menampakkan auratnya baik pria maupun wanita. Memakai bikini, rok mini bukanlah perkara yang aneh dalam budaya mereka.

Jika perbuatan seperti ini di lakukan di negeri kita, maka orang tua di kalangan kita akan otomatis mengingkari perbuatan ini dan menganggapkan tercela dan tidak sesuai budaya.

Maka kita dapati perbuatan membuka aurat ini tercela baik di pandang dari sisi Syariat Islam, maupun dari segi budaya.

Membuka Aurat Bagi Wanita 

Jika kita menyebutkan kalimat membuka aurat, maka dalam kalimat ini kebanyakan kita fahami perbuatan ini berkaitan dengan perbuatan seorang wanita.

Dan dimaklumi bahwasannya di hari ini kita mendapati seorang wanita yang membuka auratnya lebih banyak daripada seorang pria yang membuka aurat. Namun bukan berarti pria yang membuka aurat ini sedikit saja jumlahnya. Karena pada kenyataan laki-laki yang membuka aurat ini juga cukup banyak, baik di sengaja maupun tidak sengaja.

Sebut saja para pemaian bola misalnya, yang hampir di setiap daerah ada laki-laki yang bermain bola. Kita dapati pakaian yang mereka pakai ini kebanyakannya menampakkan aurat yang harusnya di tutupi. Kebanyakan pemain bola ini mekai celana olah raganya dengan panjang diatas lutut.

dengan banyaknya pria yang membuka aurat ini ternyata tetap lebih banyak kaum wanita yang membuka aurat. Bahkan banyak wanita yang membuka aurat ini di sebabkan faktor sengaja. Entah ingin tampil cantik, seksi, emnarik, ataupun karena tuntutan kerja.

Di jalan-jalan, di tempat umum, pasar, akntor-kantor, tempat wisata, bahkan di tempat-tempat ibadah seperti masjid pun tidak akan terlepas pandangan kita dari wanita yang membuka auratnya dengan sukarela.

Padahal jika kita lihat dari kenyataan, perbuatan membuka aurat bagi seorang wanita ini tidaklah terlepas dari berbagai macam dampak negatif yang mungkin terjadi.

Dampak Negatif Membuka Aurat

Jika di timbang-timbang dan dibandingkan, ternyata antara manfaat dengan mudhorot / dampak negatif membuka aurat seorang wanita ini, kita akan dapati bahwasannya akan lebih besar mudhorotnya ketimbang manfaat.

Dampak negatif seorang wanita membuka aurat ini juga ternyata bukan hanya di rasakan oleh diri wanita pelakunya sendiri. Namun juga hal ini akan berdampak kepada orang lain, baik orang-orang disekitarya, keluarga, bahkan jika ia beragama Islam dapat berimbas kepada agama yang ia anut.

Jadi secara garis besar, dampak negatif membuka aurat bagi seorang wanita itu bisa kepada dirinya sendiri, kepada keluarganya (Orang Tua), kepada anak-anaknya, kepada saudarinya, kepada laki-laki yang melihatnya, bahkan kepada agama Islam yang dia anut jika ia seorang muslimah.

Insyaa Allah mengenai perincian beberapa dampak negatif membuka aurat diatas kami sampaikan dalam tulisan berikutnya. Wallahu a’lam.

Admin
www.RumahBelanjaMuslim.Com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *