Hakikat Kehidupan Di Dunia
Renungan

Hakikat Kehidupan Dunia Adalah Persiapan Untuk Perpisahan

Posted On Oktober 19, 2017 at 9:30 am by / No Comments

Hakikat Kehidupan Di Dunia
Hakikat Kehidupan Di Dunia

Sesungguhnya hakikat kehidupan di dunia ini adalah sebuah waktu untuk kita mempersiapkan perpisahan kita dengan orang – orang yang kita cinta.

Ketika awal kehidupan, mungkin kita belum terbayang bagaimana kita harus berpisah dengan orang tua kita yang merawat kita, kita banyak membutuhkan keduanya dalam berbagai urusan.

Setelah dewasa dan menikah, mungkin kita belum terbayangkan bagaimana kita bisa berpisah dengan istri tercinta seabagai pasangan hidup kita.

Begitu juga setelah kita memiliki buah hati, maka mungkin sangat jauh angan kita untuk membayangkan perpisahan dengan buah hati tercinta.

Namun sebagai seorang hamba, yang semua makhluk tunduk terhadap ketetapan-Nya, perpisahan dengan hal hal yang kita cintai tersebut PASTI akan kita alami, akan kita rasakan, pasti akan terjadi.

Mau tidak mau, kita harus siap untuk bertemu dengan masa masa perpisahan tersebut.

Persiapan Perpisahan

Maka sebelum itu semua terjadi, sebelum waktu perpisahan ini menemui kita. Hendaknya setiap muslim selalu mempersiapkan waktu waktu terakhir ini.

Agar perpisahan yang kita rasakan di dunia ini tidaklah menjadi sebuah perpisahan yang kekal. Dengan harapan kelak Allah tabaraka wa ta’ala akan mengumpulkan kita bersama orang – orang yang kita cintai di akhirat, di Surga-Nya kelak.

Sebagai seorang bapak, seorang Ibu, seorang anak, hendaknya bersama kita memperisapkan perpisahan kita kelak. Yaitu persiapan dengan membangun Taqwa di dalam keluarga.

Seorang bapak yang selalu mengajar, mengarahkan, keluarga ke jalan yang lurus sesuai syariat Islam. Seorang bapak selalu mengingatkan terhadap kesalahan kesalahan yang ada di keluarganya. Seorang bapak yang di dalam dirinya terdapat rasa cemburu terhadap kemaksiatan yang terjadi di dalam keluarganya. Hingga ini cegah semua itu karena kasih sayangnya kepada keluarga.

Begitu juga seorang ibu, sebagai manager rumah tangga, ia bertanggung jawab terhadap pendidikan anak anaknya. ia bertanggung jawab terhadap pengaturan rumah tangganya. Hingga ia tidak akan biarkan anak-anaknya terlantar, terlibat dalam pergaulan bebas, jauh dari ibadah. Dan seorang ibu hendaknya selalu mengarahkan anak anaknya dengan kasih sayang menuju kepada jalan Allah ta’ala.

Dan juga sebagai seorang anak, hendaknya kita penuhi hak hak orang tua. Kita berbakti kepada meraka, kita patuhi dan kita selalu ajak mereka dalam bimbingan agama yang lurus.

Jangan sampai ketiga unsur dalam rumah tangga ini sampai berjalan sendiri sendiri, tanpa ada pengajaran, tanpa ada nasehat. karena diantara tanda kasih sayang seseorang kepada yang lainnya adalah adanya nasehat. Jika tidak ada nasehat di dalam keluarga, berarti hampir di pastikan kasih sayang di dalamnya adalah kasih sayang yang semu.

Yang ini semua dapat mengarahkan kita kepada perpisahan yang sesungguhnya hingga di akhirat.

Tentu kita tidak ingin perpisahan ini menjadi perpisahan yang selamanya. Kita ingin dikumpulkan kembali bersama keluarga dan orang orang yang kita sayangi kelak di akhirat.

Maka hendaknya setiap kita mempersiapkan hari hari perpisahan ini semenjak dini.

Hakikat Kehidupan Di Dunia Adalah Berbekal

Sesungguhnya hakikat kehidupan di dunia ini adalah tempat berbekal. yaitu waktu bagi seorang hamba untuk menyiapkan bekal amal sholehnya menuju akhirat agar selamat di jauhkan dari neraka dan di masukkan ke dalam surga.

Jangan pernah menyia nyiakan waktu perbekalan ini. karena kelak ketika waktu perpisahan itu tiba, maka selesai sudah waktu berbekal bagi kita. Yang tersisa adalah waktu pertanggung jawaban.

Maka jangan biarkan waktu itu terbuang sia sia tanpa berisi amal yang dapat mendekatkan kita kepada Surga. Karena sesungguhnya setiap waktu ini pasti akan dimintai pertanggung jawaban kepada kita.

Jangan biarkan penyesalan itu datang di hari perhitungan. Karena tidak ada guna penyesalan di hari Perhitungan.

 

Admin
www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *