Hati – Hati Dalam Bermedsos

hati hati dalam bermedsos
hati hati dalam bermedsos

Medsos saat ini sudah menjadi bagian gaya hidup masyarakat kita. Dari anak – anak, dewasa sampai tua pun bermain medsos.

Banyak hal telah terjadi belakangan ini dengan sebab bermedsos ini. Penyebaran berita hoax yang masif, penipuan, pencemaran nama baik, pertengkaran, pelecehan seksual, pemerkosaan, pembunuhan, dan selainnya.

Belakangan juga kita dapati selain masif di gunakan sebagai media jualan, branding dan sejenisnya. Medsos juga di gunakan sebagai sarana menggalng suara, bahkan sarana untuk mengajak orang berkumpul, demo dan sejenisnya. Ujung – ujungnya kita juga melihat banyak yang berakhir di penjara akibat medsos ini.

Memang manfaat positifnya juga tidak kalah banyak dari adanya medsos ini. Betapa banyak program sosial dapat berjalan dengan baik dengan sebab medsos. Penyebaran informasi lebih cepat melalui medsos. Penggalangan dana pun semakin mudah melalui medsos. Bahkan bisnis pun bisa beromet milyaran melalui medsos.

Ibarat pisau yang bermata dua, begitulah medsos ini bisa di perumpamakan. Ketika kita tidak hati – hati dalam menggunakannya. Maka bisa kita yang terluka.

Jika itu hanya perkara dunia yang mungkin selesai bergitu saja. Namun jika jari jemari kita bermain medsos dengan hal yang dapat membhayakan akhirat kita, dengan hal – hal yang tidak bermanfaat, dengan hal – hal yang mengandung maksiat, maka tentu kelak semua itu akan dimintai pertanggung jawabannya kelak di akhirat.

Maka perhatikan anggotan tubuh kita, perhatikan jari jemari kita ketika bermain medos. Karena setiap jari yang bergerak untuk posting, share, like komentar, kelak akan dimintai pertanggung jawabannya. Tidak ada yang terlewat satupun.

Allah ta’ala berfirman,

Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung­jawabannya. (QS. Al Isro : 36)

Maka berhati – hatilah dalam bermedsos ria. jangan sampai kita sengsara akibat gerak jari di media sosial kita.

Semoga Allah memberikan taufiq kepada kita semua. Amiiin.

Admin Rumah Belanja Muslim.Com

Tinggalkan Balasan