Kabar Gembira Untuk Pedagang

Kabar Gembira Untuk Pedagang
Kabar Gembira Untuk Pedagang

Apakah anda adalah seorang pedagang, pebisnis, penjual, reseller atau yang semisal ? Dalam aktifitas keseharian dalam dunia perdagangan, kadang kita merasakan kondisi dimana salah satu dari pelanggan kita tiba – tiba membatalkan transaksi jual beli yang telah terjadi.

Kadang hal seperti ini membuat kita kurang nyaman. Kita juga mengenal istilah PHP dari sebagian pedagang yang di tujukan untuk para pelanggan yang nampak serius mau beli namun ternyata tidak jadi atau membatalkan transaksi jual beli nya.

Pembatalan transaksi dari pembeli semacam ini kita kenal dengan nama iqalah. Dalam buku minhajul muslim di sebutkan iqalah adalah pembatalan jual beli, pengembalian uang kepada pembeli, dan pengembalian barang kepada penjual. Hal ini terjadi jika masing – masing dari keduanya atau salah satunya menyesali jual beli.

Sedangkan definisi lain yang di sebutkan dalam al-Mughni, iqalah di definisikan membatalkan akad dengan tidak memberlakukan hukum dan konsekwensinya dengan kerelaan kedua belah pihak.

Menerima iqalah dari pembeli dianjurkan bagi penjual. Walaupun penerimaan iqalah dari sisi penjual ini hukumnya tidak wajib. Namun diajurkan dalam rangka berbuat baik kepada pembeli.

Kabar gembiranya bagi pedagang berkaitan berkaitan dengan iqalah ini yaitu bahwasannya iqalah yang di terima oleh pedagang ini ternyata dapat menjadi sebab pengampunan dosa baginya. Hal ini sebagaimana yang telah di sabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

مَنْ أَقَالَ مُسْلِمًا أَقَالَهُ اللَّهُ عَثْرَتَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Siapa yang menerima pengembalian barang dari seorang muslim, maka Allah akan mengampuni kesalahannnya di hari kiamat.  (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban)

Maka jangan bersedih, jangan menggerutu ketika kita mendapatkan pembatalan transaksi dari pelanggan. Karena jika kita terima hal tersebut maka ini dapat menjadi sebab pengampunan dosa bagi kita.

Semoga bermanfaat.

Admin Rumah Belanja Muslim

Tinggalkan Balasan