Kapan Hijrah ?

Jangan tunda hijah kita hingga keterpurakan tiba
Jangan tunda hijah kita hingga keterpurukan tiba

Ujian, keterpurukan, kadang bagi sebagian orang menjadi sebab mendapatkan hidayah. Sehingga ujian dan cobaan yang tadinya nampak buruk di rasakan, namun menjadi baik dan di syukuri karena menjadi sebab kebaikan masuk ke dalam hati seorang hamba.

Namun ketika ujian yang datang pada seorang hamba, yang justru membuatnya semakin jauh dari Allah. Bukan membuatnya kembali dan berhijrah menuju Allah. Maka hakikatnya ini adalah MUSIBAH DIATAS MUSIBAH.

Sebelum ujian, keterpurakan, dan kesulitan itu datang. Mari kita segera kembali kepada Allah. Berhijrah menuju Allah, berlari menuju Allah.

Karena kehidupan itu akan terus silih berganti dan berputar. Kadang seorang berada dalam kelapangan, kadang ia berada pada masa sempit.

Karena Allah ta’ala berfirman,

وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami silihgantikan diantara manusia” (QS. Ali Imron : 140)

Sehingga ketika hidayah sudah merasuk ke dalam dada, ketika masa – masa berat itu sampai kepada kita. Maka kita lebih kuat dan memiliki modal untuk menghadapinya.

Namun ketika kita terus terbuai oleh kesenangan dunia, jauh dari agama. Dan tiba – tiba musibah dan keterpurukan itu datang. Maka siapa yang akan menjamin kita akan selamat dari tertimpa Musibah diatas Musibah ?

Maka jangan tunda hijrah kita hingga keterpurukan dan musibah itu datang menimpa kita.

Admin Rumah Belanja Muslim

Tinggalkan Balasan