Mendidik Anak Dengan Keteladanan

Mendidik Anak Dengan Keteladanan
Mendidik Anak Dengan Keteladanan

Apa yang anda inginkan dari anak – anak anda ? Ingin anak menjadi praktisi politik ? Menjadi pengamat politik ? Menjadi komentator politik ?

Atau anda menginginkan anak anda menjadi sorang yang shalih, hsalihan, perhatian dan cinta terhadap ilmu (agama), menjadi penghafal al-Quran, dan sejenisnya ?

Coba kita perhatikan, teladan apa yang kita berikan kepada anak.

Jangan sampai kita menginginkan anak menjadi seorang yang sangat perhatian dan cinta dengan Ilmu, penghafal al-Quran, menjadi anak yang shalih dan shalihah, namun teladan yang di berikan adalah teladan yang lainnya.

Kita memerintahkan anak belajar agama, menghafal al-Quran, namun kita sibuk menjadi pengamat dan komentator apa yang sedang trending. Kita sibuk dengan dunia kita, kita sibuk dengan medsos kita.

Jangan sampai kita memerintahkan anak menghafal al-Quran, sementara sehari hari kita bergulat dengan berbagai macam hal selain al-Quran. Atau bahkan mungkin sedikit dan tidak ada upaya kita untuk belajar menghafal al-Quran.

Mari kita renungkan Firman Allah ta’ala,

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنسَوْنَ أَنفُسَكُمْ وَأَنتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

Mengapa kalian suruh orang lain (mengerjakan) kebajikan, sedangkan kalian melupakan diri kalian sendiri, padahal kalian membaca Al-Kitab (Taurat)? Maka tidakkah kalian berpikir? (QS. Al Baqarah : 44)

Juga firman Allah ta’ala,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ, كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tiada kamu kerjakan. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan.(QS. Ash-Shaf : 2-3)

Para Ulama menyebutkan bahwasannya perbuatan itu lebih mengena untuk diikuti dari pada perkataan.

Maka jadilah teladan yang baik bagi anak – anak di rumah.

Jangan sampai ucapakan kita berada di satu lembah, sedang amalan kita berada di lembah yang lain.

Semoga Allah meberikan taufiq kepada kita semua. Amiin.

Abu Mumtazah | www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan