Mengapa Anak Diajarkan Menutup Aurat Sejak Dini ?

Mengapa Anak Diajari Menutup Aurat Sejak Dini
Mengapa Anak Diajari Menutup Aurat Sejak Dini

Ketika masih anak – anak, memang belum ada kewajiban bagi mereka untuk menutup aurat.

Namun terkadang kita lihat banyak orang tua yang memakaikan anak – anak nya dengan pakaian yang tertutup bahkan pakai cadar.

Apa sih tujuan mereka memakaikan anak – anak dengan busana syar’i sejak dini ?

Mengapa anak diajarkan menutup aurat sejak dini ?

Beberapa alasan yang mungkin dapat menjadi pertimbah abi dan ummi, ayah dan bunda untuk mengajari anaknya menutup aurat sejak dini bisa di simak dalam beberapa point di bawah.

Menutup Aurat Kewajiban Ketika Baligh

Menutup Aurat Kewajiban Setiap Muslim Baligh
Menutup Aurat Kewajiban Setiap Muslim Baligh

Karena menutup aurat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah ketika baligh.

Maka sebagai langkah pendidikan dan pebiasaan, maka hendaknya setiap orang tua memulai mengajarkan anaknya menutup aurat semenjak dini.

Harapannnya ketika kelak ia memasuki masa baligh ia tidak kaget dan tidak sulit untuk di perintahkan menutup aurat dengan baik.

Berbeda ketika anak tidak pernah di ajarkan dan dibiasakan menutup aurat sejak dini. Mungkin nanti ketika baligh akan sulit memakai pakaian tertutup. Entah alasan panas, gak nyaman, dan lain sebagainya.

Sebagaimana muslimah dewasa yang belum berbusana syar’i yang ketika di beri tahukan tentang kewajiban menutup aurat dengan sempurna. Maka berbagai macam alasan terlontah. Entah panas, gak nyaman, dan sejenisnya.

Tentu kita tidak menginginkan anak – anak kita berat mengenakan busana syari.

Maka hendaknya kita biasakan mereka menutup aurat dengan sempurna semenjak kecilnya.

Bukan karena mewajibkan apa yang belum wajib baginya. Namun melatih anak agar terbiasa sehingga ketika baligh tidak sulit melaksanakan kewajiban yang sudah wajib baginya.

Mendidik Anak Dengan Ketaatan

Mendidik Anak Dengan Ketaatan
Mendidik Anak Dengan Ketaatan

Diantara alasan mengapa anak diajarkan menutup aurat sejak dini yaitu sebagai bentuk sarana mendidik anak dengan ketaatan.

Siapa yang tidak ingin anak – anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah ? Tentu hampir setiap kita menginginkannya bukan ?

Jika seandainya kita menginginkan anak yang shalih dan shalihah, maka hendaknya setiap orang tua mengajarkan dan membiasakan anaknya berbuat ketaatan.

Ketika semenjak kecil ia terbiasa melakukan ketaatan maka kelak ketika dewasa insyaa Allah dia tidak asing lagi dengan ketaatan itu.

Berbeda dengan anak – anak yang semenjak kecil pemandangannya adalah kemaksiatan. Maka ia akan merasa aneh dengan orang yang berbuat ketatan.

Maka biasakan anak semenjak kecil beramal ketaatan, harapannya kelak ia pun akan meniru dan selalu mengulang ketaatan tersebut walaupun orang tua nya telah tiada.

Mengajarkan Rasa Takut dan Selalu Di Awasi Allah

Mengajarkan Rasa Takut dan Merasa Di Awasi Allah
Mengajarkan Rasa Takut dan Merasa Di Awasi Allah

Mengapa anak diajarkan menutup aurat semenjak dini ? Diantara jawabannya juga adalah untuk mengajarkan rasa takut pada anak dan merasa diawasi Allah ta’ala.

Ketika anak diajarkan mengapa kita harus menutup aurat, kita juga beritahukan apa yang terjadi jika kita tidak menutup aurat tentang dosa dan balasannya. Maka ini adalah bentuk melatih anak untuk takut kepada Allah.

Setelah rasa takut itu di tanamkan, maka hendaknya kita juga melatih rasa selalu diawasi Allah dimanapun berada. Sehingga sang anak menutup aurat bukan hanya di depan orang tuanya. Namun juga dimanapun ia berada ia akan tetap teguh dengan busana syar’inya.

Ketika semenjak kecil keyakinan ini telah melekat di dalam dadanya, maka insyaa Allah akan di bawa hingga kelak ia dewasa. Dan tentu ini adalah tabungan yang sangat berharga bagi orang tua.

Bersambung …

Admin | www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan