Nasihat Untuk Pengguna Jalan
Nasehat

Nasihat Untuk Pengguna Jalan

Posted On Juli 5, 2016 at 1:21 am by / No Comments

Nasihat Untuk Pengguna Jalan
Nasihat Untuk Pengguna Jalan

Di akhir ramadhan menjelang lebaran ini, hampir atau mungkin sudah menjadi sebuah budaya dan kebiasaan orang-orang disekitar kita banyak yang bertebaran di jalanan. Entah hanya sekedar nongkrong di jalan, mudik, ngabuburit, atau mereka pergi untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan lebaran.

Maka perlu menjadi perhatian beberapa point berikut bagi kita semua dalam menggunakan jalan, baik yang hanya sekedar nongkrong saja, mudik, ngabuburit, atau yang akan belanja dan selainnya.

  • Tunaikan Hak Jalan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Jauhkanlah oleh kalian duduk di jalan-jalan.” Mereka berkata: ya rasulullah! Kami tidak ada jalan keluar (pilihan). Tepi jalan itu adalah majlis kami yang kami dapat berbincang-bincang padanya” Rasulullah menjawab: “jika kamu enggan, maka berilah kepada jalan itu haknya”. Mereka bertanya: apakah haknya? Rasul menjawab : menundukan pandangan dan tidak mengganggu dan membalas salam serta amar ma’ruf dan nahi munkar.

  • Perhatikan Hak Orang Lain

Di perjalanan khususnya di jalanan yang padat, terkadang banyak kita dapati penggunakan kendaraan yang dalam mengendarai kendaraannya seenaknya dan tidak memperhatikan hak orang lain dalam menggunakan jalan. Meresa masuk kanan kiri, pepet depan belakang, dan tidak mau kalah, seolah-olah jalan itu milik nya sendiri dan orang lain harus memberikan jalan untuknya.

Maka setelah melewati madrasah Ramdhan, melewati bulan kesabaran yang ki gembleng mental kita untuk belajar sabar dari berbagai sisi, hendaknya sikap seperti ini telah kita tinggalkan. Hendaknya ketika kita menggunakan jalan raya, kita juga perhatikan hak orang lain dalam menggunakan jalan.

  • Jangan Mengganggu Orang

Salah satu perkara yang mungkin banyak terjadi di sekitar kita ketika di jalan adalah gangguan di jalan, baik berupa di pasangnya polisi tidur, kendaraan bermotor yang menggunakan kenalpot yang bising, ugal-ugalan di jalan, dan selainnya.

Bagi setiap muslimyang berharap amal sholeh dibulan ini diterima Allah dan dapat membekas dengan perbaikan kualitas diri, maka hendaknya kita mampu menahan diri untuk tidak mengganggu orang lain, tidak mendzolimi orang lain. Mari kita perhatikan tindak tanduk kita ketika di jalan. Jangan sampai karena perbuatan kita, dapat berakibat mencelakakan orang lain.

  • Sabar

Salah satu sikap yang harus ada bagi para pengguna jalan terutama di masa-masa mudik ini adalah sikap sabar dalam berbagai macam keadaan. Karena jika kita berbicara mudik, maka hal tersebut tidak lepas dari kemacetan. Maka setiap muslim yang ingin mudik dalam rangka ibadah dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, hendaknya melapangkan dada ketika di jalan, sabar dalam penatnya kemcetan, sehingga mudah-mudahan Allah mudahkan urusan kita, dan apa yang kita kerjakan dapat bernilai amal sholeh dan bukan maksiat.

  • Dll

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM
Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH
www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *