Pekerjaan Terbaik Bagi Seorang Muslim

Pekerjaan Terbaik
Pekerjaan Terbaik

Apa pekerjaan terbaik menurut anda ? Apa pekerjaan terbaik bagi seorang muslim ? Apa pekerjaan terbaik di dalam Islam ?

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, mungkin setiap kita akan berbeda – beda.

Mungkin ada yang akan menjawab bahwasannya pekerjaan terbaik adalah berdagang. Mungkin juga ada yang berpendapat bertani, industri atau selainnya.

Dan begitu juga para ulama Islam pun berbeda pendapat dalam menetapkan apakah pekerjaan terbaik di dalam Islam. Apa pekerjaan terbaik bagi seorang muslim.

Minimalnya ada tiga pendapat populer di kalangan ulama mengenai pekerjaan terbaik dalam Islam.

Ada ulama yang mengatakan bahwasannya pekerjaan terbaik bagi seorang hamba adalah pedagang. Ada juga ulama lain yang mengatakan pekerjaan terbaik itu petani. Dan ada pula yang menyatakan bahwasannya pekerjaan terbaik bagi seorang muslim adalah pekerjaan industri.

Lalu apa sih alasan masing – masing pendapat mengenai pekerjaan terbaik tersebut ? Berikut beberapa ulasan singkat mengenai alasan beberapa pendapat diatas.

Pekerjaan Terbaik Adalah Berdagang

Sebagian ulama ada yang menguatkan bahwasannya perdagangan adalah pekerjaan yang paling baik. Dalil dari pendapat ini adalah hadits Rafi’ bin Khadij radhiallahu ‘anhu “Ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pekerjaan apa yang paling baik ? Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, Pekerjaan yang di kerjakan seseorang dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang di berkahi(HR. Ath-Thabrani)

Pekerjaan Terbaik Adalah Bertani

Sebagian ulama yang lainnya berpendapat bahwasannya pekerjaan terbaik bagi seorang hamba adalah pertanian. Karena dalam pertanian ini manfaatnya besar dalam dunia maupun agama.

Adapun manfaat di dunia yaitu dapat memberikan manfaat keseluruh negeri. Semua manusia mendapat manfaat darinya, dengan membeli buah dan biji – bijian dan dapat makan darinya. Dengan ini dapat menghasilkan pertumbuhan perekonomian dalam masyarakat dan memberikan kebaikan yang banyak.

Sedangkan manfaat untuk akhirat adalah ketika burung memakan lahan / hasil pertanian maka ini menjadi shadaqah untuknya mau tidak mau. Pertanian ini lebih dekat dengan tawakkal.

Pekerjaan Terbaik Adalah Industri

Sedangkan ulama yang menguatkan bahwasannya pekerjaan terbaik adalah perindustrian berdalil dengan dzahir hadits pekerjaan tangan sebagai pekerjaan terbaik.

Lalu apa pekerjaan terbaik itu ?

Mungkin setelah melihat beberapa pendapat ulama mengenai apa pekerjaan terbaik diatas. Masing – masing memiliki argumen yang kuat yang menlandasai pendapat masing – masing.

Namun terkadang salah satu jenis pekerjaan itu tidak mutlat menjadi pekerjaan terbaik bagi setiap individu.

Karena tidak setiap individu mampu dan cocok bekerja pada salah satu pekerjaan yang tersebut diatas.

Kadang juga seseorang bekerja sebagai pedagang, justru dengan perdagangannya ia terlalikan dari mengingat Allah ta’ala.

Begitu juga para petani yang di sebutkan lebih dekat dengan tawakkal, maka terkadang pun kita dapati bahkan banyak kita dapati yang jauh dari tawakal. Justru kurang dalam bersyukur dan banyak yang kurang dalam kesabarannya menerima ketetapan Allah.

Sehingga kita lihat ketika panen, harga – harga jatuh, maka para petani membuat banyak hasil pertaniannya karena kekecewaannya. Padahal jika seandainya di sedekahkan kepada orang lain maka ini akan lebih besar nilai pahalanya. Dan banyak lagi kejadian yang sejenis dari kekecewaan petani terhadap ketetapan Allah ta’ala terhadap mereka.

Begitu juga tak lepas dari para pekerja di bidang industri. Berapa banyak pekerjaan di bindang industri ini justru banyak mengandung maksiat, bercampur baur, dan melalaikan dari ibadah kepada Allah.

Kesimpulan

Maka mungkin menjadi pendapat yang terbaik dalam hal ini adalah pendapat yang menyatakan bahwasannya pekerjaan terbaik itu adalah pekerjaan yang sesuai dengan keadaan masing – masing dan memenuhi dua kriteria.

Pertama pekerjaan itu cocok bagi dia. Atau dengan bahasa terkininya pekerjaan itu sesuai dengan pasion nya. Sehingga ia dapat mengerjakan pekerjaan nya secara maksimal dan sesuai dengan karakternya.

Kedua pekerjaan itu tidak melalaikannya dari mengingat Allah. Dan ia dapat menjalankan kewajiban – kewajibannya sebagai seorang muslim tanpda terganggu dengan pekerjaan tersebut.

Maka banyak bentuk pekerjaan yang terbaik bagi seorang hamba. Mungkin satu pekerjaan itu baik bagi seorang hamba, dan mungkin bagi orang lain kurang cocok.

Pekerjaan terbaik bukan pada dzat pekerjaan ini. Bukan pula pada banyaknya perbendaharaan dunia yang bisa di raih. Namun intinya pada hal yang dapat semakin mendekatkannya kepada Allah sang pencipta.

Ketika seseorang bekerja dengan pekerjaan yang banyak menghasilkan harta baginya. Namun hal itu justru semakin melalaikannya kepada sang Pencipta. maka hakikat ini bukanlah pekerjaan terbaik, namun pekerjaan yang melalaikan dan membahayakan baginya.

Wallahu a’alam.
Admin | www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan