Perhatikan Tulisan Kita
Tazkiyatun Nafs

Perhatikan Tulisan Kita

Posted On April 26, 2016 at 5:18 am by / No Comments

Perhatikan Tulisan Kita
Perhatikan Tulisan Kita

Di era yang serba mudah serba internet seperti zaman sekarang ini betapa banyak manusia yang cukup membuka smartphonenya, tablet pc nya sudah dapat menulis bebas baik di medsos, blog, web ataupun yang lainnya. Dan dengan kemudahan akses ini tidak jarang kita dapati tulisan-tulisan di media-media tersebut yang isinya curhat, mengeluh, atau tulisan-tulisan yang tidak bermanfaat dan hanya sekedar iseng, disamping juga banyak tulisan yang bermanfaat.

Maka sebagai seorang muslim, hendaknya kita lebih behati-hati, lebih perhatian lagi terhadap apa yang kita tulis dalam media-media yang menghubungkan kita dengan khalayak. Karena ingatlah, semakin banyak perbuatan, semakain banyak tulisan, maka jika ternyata tulisan itu tidak memiliki bobot pahala sebagai amal sholih, bahkan tergolong dalam maksiat, tentu ini hanya akan memperberat hisab kita kelak di yaumil akhir.

Bukankah kita ketahui, tidaklah satu perbuatan sekecil apapaun pasti kita akan mepertanggung jawabkannya? Allah ta’ala berfirman,

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.“

Tidaklah satu kata yang kita tuliskan dalam status kita, dalam web kita, dalam blog kita, kecuali hal tersebut akan di catat oleh malaikat disebalah kita, dan kelak pasti kita akan mepertanggung jawabkan tulisan tersebut. Ketika kita menulis satu kata, satu kalimat yang berisi kebaikan, ajakan berbuat baik, atau sejenisnya maka tentu ini dapat meperberat amalan sholih kita ketaka kelak dihisab Allah ta’ala, dan sebaliknya ketika kita menulis satu patah kata dengan kalimat yang tidak bermanfaat, bahkan kalimat yang mengandung maksiat, maka pasti itu akan menambah beban kita kelak di hari pembalasan dan dapat menyembabkan kita terjerumus dalam siksaan yang pedih.

Oleh karena itu, mari kita perhatikan ulang apa yang kita tulis di medsos kita, apakah apa yang kita tulis tersebut dapat membuat kita senang ketika kelak kita dipertanyai terhadapnya, ataukah justru karena tulisan tersebut kita akan jatuh kepada siksa.

Mari kita ingat kembali, bahwasannya setiap manusia pasti akan mendapatkan balasan terhadap apa yang ia usahakan. Ketika ia mengusahakan kebaikan, maka balasan kebaikanlah untuknya, namun jika sebaliknya, yang ia usahakan adalah keburukan, tentu hal yang sejenis pula balasan untuknya. Allat ta’ala berfirman,

الْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍ بِمَا كَسَبَتْ ۚ لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ ۚ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Pada hari ini, tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.” (QS. al Mu’min : 17).

Oleh karena itu, mari kita manfaatkan segala kemudahan teknologi ini sebagai upaya kita untuk menyebar kebaikan. Jangan sampai dengan segala kemudahan ini justru kita terjabak dalam perbuatan-perbuatan yang sia-sia yang kelak hanya memperberat hisab kita. Wallahu a’alam.

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM

Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH

www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *