Siapa Teroris
Wawasan

Siapa Teroris?

Posted On April 19, 2016 at 9:52 am by / No Comments

Siapa Teroris
Siapa Teroris

Kata teroris dan terorisme belakang populer di negeri kita. Kata ini kebanyakannya kita dapati ternyata di tujukan kepada seorang muslim. Bahkan ada sebagian yang menyebutkan ciri-ciri seorang teroris dengan ciri yang ternyata hal tersebut merupakan bagian dari syariat Islam. Seperti memelihara jenggot itu teroris, celana cingkrang itu teroris, wanita bercadar itu istri teroris, bahakn ada juga yang lebih nyeleneh lagi menyebutkan orang yang rajin sholat tahajud, menghafal al-Qur’an itu ciri – ciri teroris.  Lahaula wala quwwata illabillah.

Lalu benarkah anggapan-anggapan seperti ini? Sebenarnya apa dan siapa teroris itu? Untuk menjawabnya, maka perlu kita pertama kali mengenal apa makna / arti kata teroris itu. Setelah kita mengenal dan mengetahui makna dan maksut teroris maka tentu kita akan lebih mudah dalam menimbang sebuah anggapan itu benar atau salah.

Dalam KBBI disebutkan bahwasannya teroris itu adalah orang yang menggunakan kekerasan untuk menimbulkan rasa takut, biasanya untuk tujuan politik. Sedangkan untuk kata terorisme sendiri di artikan sebagai penggunaan kekerasan untuk menimbulkan ketakutan dalam usaha mencapai tujuan (terutama tujuan politik).

Dari definisi yang kita dapat di KBBI saja tidak kita dapati sama sekali makna teroris itu merujuk kepada sebuah ajaran agama tertentu. Kata kunci yang kita dapatkan dalam definisi diatas mengenai teroris adalah kekerasan, menimbulkan takut, politik. Maka dari kata kunci ini kita dapati makna yang umum, bahkan sedikitpun tidak bisa diarahkan kepada ciri agama tertentu, apalagi dengan ciri-ciri yang kami sebutkan diats seperti berjenggot, tidak isbal, dan selainnya. Bahkan justru dari definisi ini kita dapati terorisme ini dilakukan oleh seorang teroris dengan tujuan politik. Tentu ini lebih jauh lagi jika dikait-kaitkan dengan ciri agama tertentu. Wallahu a’lam.

Insyaa Allah tulisan mengenai teroris dan terorisme ini bersambung pada edisi berikutnya.

Fanspage RUMAH BELANJA MUSLIM

Akun FB RUMAH BELANJA WHYLUTH

www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *