Tips Memilih Celana Pria Muslim
Celana Pria

Tips Memilih Celana Pria Muslim

Posted On Oktober 13, 2016 at 7:00 am by / No Comments

Tips Memilih Celana Pria Muslim
Tips Memilih Celana Pria Muslim

Celana Pria

Celana merupakan salah satu jenis pakaian yang identik dengan pakaian pria. Walaupun di negeri kita saat ini banyak juga kaum wanita memakai pakaian dengan jenis celana ini. Namun tetap saja celana ini merupakan ciri khas pakaian pria.

Banyak model dan macam celana pria. Dari model-model yang sedang ngehits sampai model-model yang kurang di kenal. Dengan banyaknya model dan pilihan ini tentu menjadi penting bagi kita adanya tips memilih celana pria yang sesuai dengan diri kita.

Celana pria ini secara umum bisa di kategorikan menjadi dua jenis celana. Ada celana pendek dan ada celana panjang. Celana pendek umumnya dipakai ketika aktifitas di sekitaran rumah. Walaupun ternyata banyak juga yang saat ini memakainya untuk aktifitas di luar. Sedangkan celana panjang pada umumnya penggunaannya pada acara diluar atau acara resmi.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan tips memilih celana pria yaitu celana panjang pria. Tips ini kami peruntukkan bagi kita yang menginginkan berpenampilan layak, tidak menyerupai perempuan dan lebih Islami.

Tidak Menyerupai Wanita

Tips yang pertama harus diperhatikan ketika akan memilh celana untuk pria muslim adalah model celana tidak menyerupai celana wanita. Hal ini karena dikenal di masyarakat kita celana ini ada sebagian modelnya yang memang diperuntukkan untuk wanita. Maka handaknya celana pria tidak menyerupai celana wanita.

Kenapa tidak boleh menyerupai celana wanita? Jawabnya karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai laki-laki. Maka hendaknya kita jauhi model-model celana yang mencirikan ciri khas wanita.

Tidak Isbal

Sebagai seorang muslim, tentu yang menjadi perhatian pertama kali ketika kita berpenampilan adalah adab – adabnya. Diantara adab berpakaian khususnya dalam hal celana yaitu hendaknya celana yang kita pakai tidak isbal. Apa maksud isbal? Maksutnya ketika celana itu dipakai panjangnya tidak menutupi mata kaki.

Apakah harus seorang pria pakai celana yang tidak isbal? Atau dapat dikatakan celana cingkrang?

Jawabnya, itu adalah pilihan anda. Jika memang kita perhatian dengan agama kita, ada baiknya kita teliti dalil-dali dan keterangan ulama mengenai hukum isbal bagi pria ini. Jika seandainya ada perbedaan pendapat dari ulama. Maka sikap kita adalah memilih pendapat yang lebih mendekati dalil (al-Quran dan al-Hadits).

Jangan sampai dalam menentukan pilihan pendapat mengenai hukum isbal ini kita dasarkan atas kesesuaiannya dengan hawa nafsu kita. Atau mungkin dengan kesesuaian adat dan kebiasaan yang sudah berlaku. Karena acuan hukum utama kita bukan hanya adat, namun acuan hukum seorang muslim adalah dalil dengan penjelasan para ulama.

Longgar

Selain tips memilih celana pria yang tidak isbal diatas, maka tidak sampai disitu saja. Karena betapa banyak model celana pria yang tidak isbal (baca : cingkrang) namun modelnya masih ketat yang ketika dipakai membentuk aurat laki-laki.

Kita lihat artis-artis terkenal, bahkan artis korea dan selainnya ternyata mereka juga banyak memakai celana cingkrang. Namun celana yang dipakai ketat sehingga lekuk auratnya pun terlihat. Tentu ini kurang baik dalam tinjauan syariat Islam.

Maka bagi seorang muslim, celana yang dipakainya dalam keseharian hendaknya selain tidak isbal (baca : cingkrang) juga hendaknya celananya juga longgar.

Dengan model celana yang longgar ini akan memberikan beberapa dampak positif bagi kita. Pertama kita akan lebih nyaman memakai celana yang longgar. Karena pori-pori kulit kita tidak tertutupi oleh kain celana yang menjerat tubuh. Selain itu kenyamanan memakai celana longgar ini juga dari segi keleluasaan bergerak tanpa merasa terjerat / tertahan karena celana yang ketat.

Kedua dengan memakai celana yang longgar ini juga lebih sehat bagi kita. Seperti yang disebutkan sebelumnya, pori-pori kulit tidak tertutupi kain, tidak pengap dan tidak mudah berkeringat. Ketika memakai celana longgar ini minimal kita lebih terbebas dengan berbagai penyakit kulit yang mungkin muncul akibat keringat yang berlebih dan tertahan di kulit. Atau penyakit-penyakit lainnya yang lebih berbahaya.

Ketiga Dengan memakai celana pria yang longgar, maka kita lebih nyaman ketika beraktifitas. Khususnya aktifitas dalam ibadah. Contohnya ketika sholat, tentu kita harus menutupi aurat kita dengan baik. Dimana jika terlihat aurat kita (pria) maka sholat kita akan terancam tidak sah. Oleh karenanya, dengan memakai celana yang longgar membuat ibadah lebih khusu karena aurat lebih tertutupi dengan baik. Dan berbagai macam dampak positif lainnya, yang mungkin dalam kesempatan lain bisa ditulis dalam satu judul tulisan, insyaa Allah.

Tidak Menampakkan Aurat

Kita ketahui bersama, bahwasannya menutup aurat itu tidak hanya di wajibkan kepada seorang wanita. Namun seorang pria juga wajib menutupi auratnya dengan batasan yang telah dijelaskan dalam syariat Islam.

Maka ketika kita memilih produk celana untuk dipakai dalam keseharian kita hendaknya kita pilih model-model celana pria yang tidak menampakkan aurat.

Pertanyaannya, apakah ada celana pria yang menampakkan aurat?

Jawabnya tentu ada, bahkan banyak. Selain celana-celana dengan model yang terlalu pendek hingga diatas lutut. Ternyata saat ini banyak kita dapati celana-celana laki-laki yang modelnya panjang namun ada robekan dibagian pahanya.

Tentu sudah tidak ada perbedaan pendapat lagi jika paha pria adalah aurat yang wajib ditutupi. Maka jangan sampai kita memilih celana untuk dipakai sehari-hari kita dengan model celana yang panjang tertutup tapi terlihat aurat seperti robek di paha ini.

Atau juga kita dapati model celana yang dipakainya dibawah pantat. Seperti tren para pemuda yang mengaku Islam di sekitar kita. Hanya untuk mengikuti tren kebarat-baratan yang mereka anggap lebih maju dan modern.

Mereka ikuti gaya-gaya berpenampilan yang sangat tidak layak dilihat. Mereka pakai celana panjang, bahkan panjangnya menutupi mata kaki (baca : isbal) namun bagian atasnya hanya dikaitkan dibawah pantat. Sehingga auratnya pun diumbar, terlihat kemana-mana. Mereka anggap itu kemajuan, padahal orang lain menganggapnya menjijikkan dan sebuah prilaku yang aneh.

Maka jika anda seorang muslim, pilihlan pakaian yang mencirikan kemusliman anda. Ada syarat-syarat yang harus terpenuhi dalam berpenampilan. Jangan sampai hanya untuk tren yang aneh kita gadaikan agama kita. Sehingga agamapun hanya sekedar pengakuan saja. Dalam praktek bisa dikatakan minim atau bahkan nol. Nasalullaha salamah.

Tidak Mengandung Hal Yang Dilarang

Tips berikutnya ketika kita akan memilih produk celana pria adalah di dalamnya tidak terdapat hal-hal yang dilarang dalam Islam.

Apa hal-hal yang dilarang ini?

Diantara contoh hal yang dilarang dalam islam seperti ada gambar makhluk hidup, gambar salib, gambar orang-orang kafir / ahli maksiat dan sejenisnya.

Hendaknya dalam celana yang kita pilih kita jauhkan dari berbagai hal tersebut. Karena bisa jadi hal-hal ini kita anggap biasa, namun ternyata besar di dalam perhitungan Allah. Wallahu a’lam.

Demikian saja beberapa tips memilih celana pria muslim yang dapat kami sampaikan. Mudah-mudahan ini dapat menjadi referensi bagi kita untuk berpenampilan lebih Islami dan tidak menyalahi aturan syariat Islam.

Abu Mumtazah
Artikel www.RumahBelanjaMuslim.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *